Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Tengah


Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/bksdasul/public_html/xsetup/koneksi.php on line 8
Slide Taman Wisata Alam Wera
Slide Habitat Maleo di Desa Taima
Slide
Slide Danau Poso
Slide


BALAI KSDA SULAWESI TENGAH TANGKAP PENYELUNDUP SATWA LIAR

23 Juni 2016

Pada hari minggu tanggal 19 Juni 2016 pukul 19.00 WITA, Balai KSDA Sulawesi Tengah telah mengagalkan upaya penyelundupan atau pengiriman/pengangkutan satwa liar tanpa dokumen yang sah (SATS-DN), melalui Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis satwa liar yang berhasil diamankan oleh pihak Balai KSDA Sulawesi Tengah adalah jenis burung dengan total 3.075 ( tiga ribu tujuh puluh lima) ekor yang terdiri dari 5 (lima ) jenis yaitu :

No

Nama / Jenis

Jumlah

1

Kacamata  laut (Zosterops chloris)

2.500 ekor

2

Jalak Tunggir Merah ( Scissirostrum dubium)

500 ekor

3

Tuwur Sulawesi ( Eudynamis melanorhyncha)

7 ekor

4

Perling Kecil ( Aplinos minor)

50 ekor

5

Raja Perling Sulawesi ( Basilornis celebensis)

15 ekor

Pengiriman/pengangkutan satwa liar tanpa dokumen dilakukan oleh Sdr. Moh. Nasir R. Mardjuku. Pelaku telah melakukan pelanggaran Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1999 tentang Pemanfaatan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar pasal 42 ayat 1 Junto Pasal 63 ayat 1dan ayat 2 dan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor :447/Kpts-II/2003 tentang Tata Usaha Pengambilan atau Penangkapan dan Peredaran Tumbuhan dan Satwa Liar Pasal 61.

 

Pihak Balai KSDA Sulawesi Tengah akan mencabut Izin Pengedar Dalam Negeri yang dimiliki CV.Wombo Jaya (. Moh. Nasir R. Mardjuku) dan untuk menghindari kematian dan stres terhadap satwa hasil sitaan pihak Balai KSDA Sulawesi Tengah pada hari Senin tanggal 20 Juni 2016 pukul 15.00 WITA telah melakukan pelepasliaran burung tersebut di Taman Hutan Raya ( TAHURA) Sulawesi Tengah dengan disaksikan oleh pihak TAHURA Sulawesi Tengah.

 

Bambang Widiatmoko – PEH Muda